Selasa, 07 Mei 2013

Hafalan Surat Darryl

Wholaaaa...lama gak sua, kangen khan sama saya hehehe ( berasa artis, emang loe siapa wakakakkk).
Gak ding sebenarnya saya yang kangen, kangen ngoceh disini hihihi.
Ceritanya saya nih lagi happy karena bungsu saya Darryl yang belum 4 tahun itu, ceritanya membikin saya terkejut sekaligus kagum. Kenapa, karena dua atau tiga hari yang lalu pas mau tidur malam secara tiba-tiba dia bilang "mama Darryl mau sholat" ( maksudnya dia mau nunjukin gerakan sholat gitu). Dia pun minta saya memperhatikannya dan sayapun mengiyakan.
Darryl pun langsung memulai "sholat"nya. Walaupun gerakannya tak sesempurna orang dewasa, tapi saya cukup dibuat terkejut ketika dia mengucapkan surat Al Fatihah ( meski belum tepat benar pengucapannya) persis dengan cara pengucapan yang sering dilakukan oleh imam di masjid Al Falah,  tempat kami sekeluarga sholat berjamaah disana. Jadi panjang pendek sama cengkoknya persis yang biasa dilakukan imam di masjid itu.
Terus terang saya pun kaget. Kaget karena selama ini saya ataupun papanya sama sekali belum pernah mengajarinya menghafal surat-surat pendek yang ada di dalam Al Qur'an. Selama ini yang kami ajarkan baru pada tahap menghafal doa-doa sehari-hari, misalnya doa mau makan dan juga doa mau tidur. Doa-doa itu setidaknya sudah dihafalin Darryl sejak lama dan telah pula dipraktekkan Darryl setiap dia mau makan dan juga mau tidur. Karena setiap hari dipraktekkan, makanya dia cepat hafal.
Nah kalo bacaan sholat, kami memang belum mengajarinya. Tapi belakangan ini memang kami selalu membawa Darryl untuk sholat berjamaah di masjid. Minimal setiap sholat maghrib, isya', dan sholat jum'at Darryl pasti ikut ke masjid. Bahkan di antara kami justru Darryl inilah yang paling antusias untuk pergi ke masjid setiap adzan berkumandang. Pokoknya rajinnya mengalahin kami-kami yang sudah dewasa ini hehehe. Kalo kami sering masih ada malas-malasnya terutama saat hujan tiba, tapi kalo Darryl ini gak peduli mau hujan mau panas ya tetep maunya sholat di masjid. Dia bisa bilang "khan bisa naik mobil", manakala kami beralasan malas ke masjid lantaran hujan.
Ya gitu deh, buat Darryl cuaca bukan halangan buat beribadah ke masjid (ahh...saya jadi malu!). Dan rupanya kebiasaan Darryl yang sering ikutan kami sholat berjamaah di masjid ini "membuahkan hasil". Tanpa perlu kami ajarin, Darryl sudah hafal dengan sendirinya surat Al Fatihah. Dan ini tentu membuat kami kagum sebagai orang tua. Memang masih belum sempurna benar dalam pengucapan atau lafaznya, tapi minimal dia sudah punya "dasar" sehingga tinggal kami perbaiki sedikit demi sedikit supaya benar.
Darryl ini saya akui punya daya hafal yang kuat. Dia mudah menghafalkan sesuatu. Mau itu nama-nama orang, merek-merek mobil dan juga berbagai iklan di tv dia hafal. Misalnya saja nama-nama om, tante, pakdhe, budhe, saudara-saudara sepupu, eyang-eyangnya, dan tentunya orang tua beserta kakaknya dia bisa hafal dengan cepat. Dan yang membuat saya kagum lagi, semua nama-nama anggota keluarga kami itu dihafalkan dengan lengkap. Padahal boleh dibilang mayoritas nama-nama keluarga kami terdiri dari 3 atau 4 kata. Jadi mayoritas namanya panjang-panjang dan itu semua dihafalkan Darryl dengan mudah dan tak perlu waktu lama. Cukup kami ulang 3 atau 4 kali dia sudah hafal dengan benar. Jadi sebenarnya tak heran jika tiba-tiba saja saya dikagetkan dengan hafalan surat Al Fatihah nya itu. Meskipun bukan kami, toh dia setiap hari "diajarin" oleh imam masjid itu. Jadi kami sebagai orang tua tak perlu repot-repot mengajari, cukup sering-sering dibawa ke masjid dia sudah bisa hafal dengan sendirinya. Dan itu cukup membantu dan meringankan tugas saya lho hehehe.
Jadi buat teman-teman yang ingin anak balitanya bisa menghafal surat-surat pendek, sering-sering saja dibawa sholat jamaah di masjid. Setidaknya seperti itulah yang selama ini kami lakukan.

2 komentar:

  1. Kebiasaan menghafal yang diterapkan semenjak kecil itu efeknya sangat luar biasa Mbak Edi, percaya deeeehhhh :)

    Jadi saran untuk membawa anak ke Masjidnya itu adalah masukan yang baik, karena anak kecil itu imajinasinya masih banyak untuk meniru apa yang dia dengar dan lihat. Semoga hafalannya cepet meningkat ya Darryl :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba ani, gara2 darryl hapal dgn sendirinya begitu, kami orang tuanya jd makin rajin jg ke masjid krn begitu denger adzan aja si darryl sdh ngajak2 ke masjid :)
      Alhamdulillah justru bisa nambah pahala dgn rajin berjamaah :)

      Hapus